LAPORAN HOAX ISU HARIAN

By Iswanto Mahmud 09 Des 2019, 14:00:48 WIB Pemerintahan
LAPORAN HOAX ISU HARIAN

1. Pengunguman Penerimaan Anggota Saptol PP Pemerintah Kabupaten Sintang

Penjelasan:

Beredar di media sosial sebuah pengunguman lowongan pekerjaan tenaga Bantuan Polisi (Banpol PP) Pamong Praja Pemerintah Kabupaten Sintang T.A 2020. Dalam Pengunguman tersebut berisi poin-poin persyaratan yang harus dimiliki. Dalam surat lowonga tersebut juga terdapat dua logo resmi diatasnya.

Martin Nandung Kepala Satpol PP dan Damkar menegaskan pengunguman tersebut tidak benar. Satpol PP juga tidak mengeluarkan surat pengunguman rekrutmen seleksi Bakpol Pamong Praja. Martin menjelaskan sampai sejauh ini, pihaknya belum ada membuka seleksi penerimaan anggota Satpol PP. Ia menduga, pengunguman tersebut dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan.

Link Counter :

https://pontianak.tribunnews.com/2019/12/05/beredar-pengumuman-penerimaan-anggota-satpol-pp-martin-nandung-tegaskan-hoaks?fbclid=IwAR3Y01kM5GdqUyGR-Jy4_ALF-2om3Hw2%20z3hF9ASs5PUm1dsjJ5qPtjOSZwg

 

2. BPOM Sekarang Mahal (HOAKS)

Penjelasan:

Beredar di media sosial melalui Twitter sebuah akun tentang izin BPOM sekarang mahal pertamax naik jadi 5k. 
 
Faktanya setelah ditelusuri Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Penny Lukito membantah biaya perizinan BPOM tergolong mahal. Menurutnya, itu hanya terjadi di masa lalu. Proses pembuatan izin edar suatu produk baik makanan dan obat-obatan saat ini sudah lebih mudah sejak menggunakan sistem daring (online). Menurut Penny, pendaftaran izin melalui daring itu dapat secara langsung dilakukan di balai-balai POM di tiap daerah di Indonesia. 

Link Counter :

https://nasional.republika.co.id/berita/q22etz428/bpom-proses-izin-edar-kini-lebih-mudah-melalui-daring

https://www.gatra.com/detail/news/460484/kesehatan/kepala-bpom-tidak-benar-biaya-izin-bpom-mahal

 

3. Akun Palsu Mengatasnamakan Biro Humas dan Protokol Sekretariat Provinsi Kalbar

Penjelasan:

Beredar di media sosial Twitter yang mengatasnamakan akun humprokalbar dengan isi redaksi  "Gubernur Ria Norsan mendampingi Pengurus Radio Komunitas RAPENSI Singkawang menerima Anugerah KPI 2019 di studio Metro TV (4/12). Radio Komunitas RAPENSI dinilai mampu membendung spillover (rembesan) siaran radio jiran dan memberi informasi kepada anggotanya yang mayoritas pendidik". 
 
Faktanya menurut Windy Prihastari selaku Plt. Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Kalbar, akun tersebut tidak dikelola oleh Biro Humas dan Protokol Seketariat Provinsi Kalbar dan akun tersebut merupakan akun palsu. Menurut nya Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Kalbar hanya mempunyai media sosial di Instagram (humas_provkalbar) dan Facebook (Humpro Kalbar) dengan logo dan tulisan yang telah ditentukan dari kami. 

 

4. Promo Akhir Tahun Taman Safari Gratis Tiket Khusus Pengendara Motor

Penjelasan :

Beredar sebuah postingan berisi selebaran promo akhir tahun taman safari Gratis tiket khusus pengendara motor untuk tanggal 30 Desember 2019 - 5 Januari 2020.

Faktanya setelah ditelusuri informasi tersebut adalah hoaks. Hal tersebut telah diverifikasi oleh Kepala Humas Taman Safari Indonesia "Yulius Suprihardo" yang mengatakan pihaknya tidak mengeluarkan program gratis masuk bagi pengguna kendaraan bermotor (roda dua).

Link Counter :

https://wartakota.tribunnews.com/2019/12/06/tsi-bantah-iklan-promo-viral-di-medsos%20https://www.instagram.com/taman_safari/

http://www.tamansafaribogor.com/

 

5. Video Pendaratan Pesawat Garuda Indonesia

Penjelasan :

Telah beredar unggahan video pendaratan darurat Pesawat Garuda Indonesia karena mesinnya terbakar sesaat setelah take off yang telah ditonton sebanyak 2. 045. 313 kali di YouTube dengan judul “Garuda 737-MAX9 Emergency Landing Di Kapal Induk Setelah Mesin Meledak Saat Lepas landas”. 

Faktanya, dilansir dari kumparan.com, VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, M. Ikhsan Rosan memastikan bahwa video proses pendaratan pesawat dengan logo Garuda Indonesia yang beredar di media sosial saat ini bukan pendaratan pesawat Garuda Indonesia yang sebenarnya. Menurut Ikhsan, video tersebut dibuat dengan aplikasi TikTok yang bisa mengedit video dan dilengkapi dengan fitur special effect, sehingga tampilan video semakin menarik dan personal. Ikhsan juga memastikan game yang menggunakan logo Garuda itu tidak pernah bekerjasama dengan mereka.

Link Counter :

https://kumparan.com/kumparannews/garuda-tanggapi-video-game-pesawat-berlogo-garuda-%20terbakar-di-udara-1sOgyeb20kT

https://www.hitekno.com/internet/2019/12/07/133000/ramai-video-pendaratanpesawat-garuda%20-indonesia-ini-klarifikasi-perusahaan

 

6. Foto Sri Mulyani dan Suami Naik Sepeda Brompton Milik Pribadi Disinformasi

Penjelasan:

Foto Menteri Keuangan (Menkeu) Kabinet Indonesia Maju, Sri Mulyani, mendadak viral di media sosial. Dalam foto tersebut, Sri Mulyani terlihat sedang menaiki sepeda lipat bersama sang suami, Tonny Sumartono. Dalam unggahan yang beredar di media sosial menyebutkan bahwa sepeda lipat tersebut bermerek Brompton dan merupakan milik pribadi Sri Mulyani. 


Mengonfirmasi adanya unggahan tersebut, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Nufransa Wira Sakti menyampaikan bahwa kejadian dalam foto itu terjadi pada tahun 2017 di acara Sepeda Santai dalam rangkaian Hari Oeang Republik Indonesia (HORI). Nufransa juga menjelaskan bahwa sepeda yang dipakai oleh Sri Mulyani dan suami bukanlah sepeda milik pribadi, melainkan sepeda yang disediakan oleh panitia HORI 2017. Sementara itu, terkait merek sepeda yang digunakan Sri Mulyani dan suami, Nufransa mengaku tidak begitu paham merek tersebut. 
 

Link Counter:

https://www.kompas.com/tren/read/2019/12/07/060000265/viral-foto-sri-mulyani-diduga-naik-sepeda-brompton-ini-faktanya?page=all 

https://jogja.tribunnews.com/2019/12/07/viral-foto-bu-menkeu-sri-mulyani-diduga-naik-sepeda-brompton-bareng-suami-ternyata-ini-faktanya 

 

7. Bayi Wajib Dibedong Agar Kaki Lurus dan Tidak Bengkok Disinformasi

Penjelasan:

Telah beredar unggahan di media sosial Twitter yang berisi tentang wajibnya membedong agar kaki bayi kelak akan lurus dan tidak bengkok. 
Faktanya, hal tersebut hanyalah mitos belaka, karena membedong tidak akan memberikan pengaruh apapun pada bentuk kaki bayi. Secara alamiah, kaki bayi akan tumbuh lurus seiring dengan bertambahnya usia. Proses ini berlangsung secara bertahap hingga bayi kurang lebih berusia 3 tahun. Jadi, tanpa perlu dibedong atau diluruskan pun kaki bayi akan tetap tumbuh normal dan lurus sendiri pada waktunya.

 
Link Counter:

https://www.suara.com/health/2019/07/17/090000/bayi-yang-baru-lahir-harus-dibedong-agar- kaki-lurus-mitos-atau-fakta

 

8. Jalur Sepeda Terhalang Tiang Listrik di Trotoar Senayan Disinformasi

Penjelasan:

Telah beredar postingan di Twitter yang menyajikan foto jalur sepeda yang berada di atas trotoar dan terhalang oleh tiang listrik di daerah sekitar Gelora Bung Karno, Senayan. Dalam postingan tersebut terdapat bergam narasi dengan menyebutkan bahwa jalur sepeda yang tidak pada tempat yang benar. 


Faktanya, jalur sepeda di atas trotoar benar adanya dibuat untuk persiapan event Asian Games pada tahun 2018 lalu dan jalur sepeda di atas trotoar tersebut sudah dibersihkan pada tahun 2018 oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat selaku pihak yang bertanggung jawab. Beredar kembalinya foto tersebut pada saat ini menimbulkan persepsi yang salah di masyarakat yang menyangka bahwa jalur tersebut dibuat pada tahun 2019 dan bertepatan dengan Pemerintah DKI Jakarta sedang proses membuka jalur sepeda di jalan protokol Jakarta.

 
Link Counter:

https://ekonomi.bisnis.com/read/20180803/45/823821/menteri-basuki-jalur-sepeda-terhalang- tiang-sudah-dibersihkan https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/18/08/03/pcvepd453-presiden-tinjau-trotoar- jalan-sudirman-jelang-asian-games

Untuk Info Lebih Lengkap, Silakan diklik!




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 4 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Bupati Bolaang Mongondow Timur?
  Mahyeldi Ansyarullah - Emzalmi
  Robby Prihandaya - Dewi Safitri
  Tommy Utama - Laura Hikmah
  Willy Fernando - Vicky Armita
  Laura Himah i Nisaa - Safaruddin

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video